Rabu, 12 November 2014

BIOGRAFI USAIN BOLT


usain bolt
Pria yang memiliki nama asli Usain St. Leo Bolt ini terkenal di bidang olahraga atletik setelah keberhasilannya memecahkan rekor dunia dalam lari sprint 100 dan 200 meter. Dia adalah pelari pertama yang berhasil meraih pencapaian sangat spektakuler bahkan yang pertama kalinya memecahkan rekor dunia sejak diberlakukannya sistem perhitungan waktu secara otomatis dari tahun 1977. Dengan begitu, maka tak heran apabila publik dunia mengenalnya sebagai manusia tercepat di muka bumi.
Usain Bolt lahir pada tanggal 21 Agustus 1966 di daerah kecil dekat kota Trelawny, Jamaika. Dia adalah satu dari 3 bersaudara. Orang tuanya membuka toko di daerah kelahirannya tersebut. Sejak kecil, Bolt memang sangat menyukai olahraga. Potensinya di dunia atletik terutama lari sprint sudah mulai terlihat sejak di usia sekolah dasar. Bahkan di usianya yang ke 12 tahun, Bolt sudah dikenal sebagai pelari tercepat disekolahnya.
Menginjak usia remaja, Bolt pernah mencoba olahraga Cricket. Namun melihat kecepatannya dalam berlari, sang pelatih pun menyarankannya untuk mencoba olahraga atletik. Bahkan Pablo McNeil yang notabene adalah mantan atlet lari sprint olimpiade pun tertarik untuk melatih Bolt.
Kemenangan pertama Bolt diraih pada tahun 2001. Dia mendapat medali perak dalam kategori 200 meter dengan waktu 22.04 detik. Sejak saat itu, McNeil pun menjadi guru sekaligus pelatih permanent bagi Bolt, meskipun McNeil sering merasa gusar dan jengkel dengan ulah konyol Bolt juga siasat-siasat nakalnya untuk dapat menghindari latihan yang membosankan.
 usain bolt, berita olahraga, profil atlet
Pada tahun 2004, Bolt memasuku dunia atletik professional. Debut penampilannya adalah di ajang CARIFTA Games di Bermuda, dimana dia menjadi satu-satunya pelari junior yang berhasil menyelesaikan lari 200 meter dalam waktu kurang dari 20 detik. Di ajang tersebut, Bolt berhasil mendapat penghargaan sebagai atlet paling menonjol.
Pada tahun 2005 hingga 2006, Bolt termasuk dalam barisan 5 atlet terbaik dunia. Dan sejak saat itu, dunia mulai mengenal Usain Bolt. Bahkan dengan berbagai prestasinya, Bolt pun dijuluki sebagai Lightning Bolt atau Sambaran Petir.
Walaupun mendulang popularitas diseluruh dunia berkat kemenangan dobelnya di Beijing, Bolt sebenarnya memiliki berbagai prestasi di kelas 200 meter. Juga, meskipun dirinya tidak memenangkan medali pada kelas 100 meter pada Olimpiade 2008, namun dirinya mendapat berbagai penghargaan di kelas 200 meter, baik di kelas junior dan senior.
Kemenangan spektakulernya terjadi saat ajang World Championship 2013 di Moskow, dimana dia berhasil menjadi juara dunia untuk 3 perlombaan 200 meter. Pada tahun 2009, Bolt berhasil memecahkan rekor lari 100 meter yang diciptakan dirinya sendiri, yakni 9.69, menjadi 9.58. Rekor ini masih belum terpecahkan hingga kini. Dan dengan prestasinya, sang pelari dari Jamaika ini pun disebut-sebut sebagai atlet paling sukses sepanjang sejarah kejuaraan atletik dunia.
usain bolt, berita olahraga, profil atlet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar